Pulau Datu Kalimantan Selatan

Pulau Datu yang Eksotis

Pulau Datu (Pulau Datu Pamulutan) adalah pulau kecil yang terdapat di dekat Pantai Batakan, kecamatan Panyipatan, Tanah Laut, Kalsel. Dinamakan pulau Datu karena di pulau tersebut terdapat makam seorang datu (sunan/penyebar agama Islam) yang dikenal dengan sebutan Datu Pamulutan, yang dahulu punya kegemaran menangkap burung dengan pulut (getah).

Pulau Datu terletak 7 mil di utara Tanjung Selatan.

Pulau cantik yang berada di Kecamatan Panyipatan Kabupaten Tanah Laut itu memang sangat layak untuk dikunjungi.Posisi nya yang berada di tengah-tengah laut, menawarkan pemandangan alam yang sangat cantik.
Dari Banjarmasin dengan kendaraan menorobos hutan lebat di sekitar kota Banjarmasin.Memasuki daerah Gambut.

Memasuki kota Pelaihari, yang merupakan ibukota Kabupaten Tanah Laut ditemukan  Masjid Agung Syuhada.Sebuah masjid besar yang ada di kota kecil ini.Bentuk masjid sangat cantik, karena memadukan seni kaligrafi Arab dan ukiran khas Kalimantan.
Istirahat makan di sekitar Taman Kijang Kencana. dan melanjutkan perjalanan menuju Pantai Batakan dalam waktu 1 jam..


Di pantai ini Terdapat beberapa  cottage untuk menginap.Kemudian  menyebrang ke Pulau Datu.

Sebuah pulau yang berada di tengah laut, di sekitar Pantai Tanjung Dewa.Tak jauh dari Pantai Batakan.Pantai perawan ini menawarkan pemandangan yang berbeda dari Pantai Batakan.
Sewa perahu (klotok) untuk menyambangi Pulau Datu.Dengan biaya sewa sebesar Rp. 70 ribu.Perjalanan menyeberangi Pulau Datu sekitar 10 menit saja.Melewati hamparan laut yang berwarna kehijau-hijauan.Riak-riak ombak menggoncang klotok yang kami tumpangi.

Sebuah dermaga yang terbuat dari kayu .Pintu gerbang bertuliskan Makam Datu Pamulutan . Landscape alam di sekitarnya sangat cantik.Hamparan perbukitan dan Pantai Tanjung Dewa di seberangnya, bebatuan besar, pepohonan nan asri, laut yang kehijau-hijauan, langit cerah serta beberapa buah kapal perahu Madura adalah paket yang sangat menggoda.

 Deburan ombak di sela-sela bebatuan, membuat suasana makin mengasyikan.Saya makin betah berlama-lama di pulau cantik ini.Menikmati keindahan alam yang ada.

Dapat juga Pulau Datu ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dari Banjarmasin.Lokasinya tidak begitu sulit dicari, karena tidak terlalu jauh dari Pantai Batakan.Di sekitar Pantai Tanjung Dewa tepatnya di kampung Labuan, kita bisa menemui beberapa buah kapal untuk penyeberangan.

 Salah satu objek menarik di Kalsel yang menawarkan dua jenis wisata, yakni wisata relijius dan wisata bahari yang mengesankan.Bagi fotograper, Pulau Datu adalah lokasi yang cocok untuk mengambil foto alam yang indah.

Bagi yang beruntung, di sekitar Pulau Datu juga akan ditemui beberapa ikan lumba-lumba berkeliaran.Benar-benar harmoni alam yang sangat layak untuk dinikmati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: