Sail Karimata 2016

Penyelenggaraan Sail Karimata yang akan berlangsung Oktober 2016 diharapkan dapat mendongkrak sektor pariwisata yang ada.
Sektor pariwisata di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, hingga kini belum terkelola dengan baik. Minimnya pendapatan asli daerah kabupaten tersebut menjadi salah satu kendalanya.
“Konsep Sail Karimata itu merupakan bentuk intervensi dari pemerintah pusat untuk mendongkrak daerah tertinggal. Selain meningkatkan destinasi wisata, juga menggali potensi yang ada di kabupaten yang berbatasan langsung dengan Selat Karimata,

Untuk penyelenggaraan acara internasional tersebut, Pemkab Kayong Utara telah mengajukan anggaran Rp 3,6 triliun kepada pemerintah pusat.

Anggaran tersebut nantinya akan digunakan untuk membangun tata kota dan infrastuktur dasar, seperti jalan, infrastruktur air bersih dan rumah bagi nelayan.

Yachter Mancanegara

Penyelenggaraan Sail Karimata akan jauh lebih sukses dari pada Sail Tomini 2015. Dari hasil rapat dengan pihak Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman beberapa waktu lalu, ia mengklaim, tak ada satu pun yachter mancanegara yang mendatangi Sail Tomini.

Kabupaten Kayong Utara memiliki 5 kecamatan dengan Sukadana sebagai ibu kota. Empat kecamatan lainnya yakni Kecamatan Pulau Maya Karimata, Kecamatan Simpang Hilir, Kecamatan Teluk Batang, dan Kecamatan Seponti.

Untuk bisa menjangkau wilayah Sukadana yang rencananya akan dijadikan pusat kegiatan Sail Karimata, dibutuhkan waktu kurang lebih 4 jam perjalanan menggunakan speed boat dari Kota Pontianak.

Selat Karimata masuk ke dalam wilayah Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I.

Wilayah tersebut kerap menjadi tujuan jalur distribusi perdagangan dan wisata oleh para yachter dari Australia dan Amerika Serikat terutama di bulan Oktober.

Tak hanya para yachter, Sail Karimata juga menargetkan peningkatan kunjungan para penyelam (diver) lokal dan internasional ke kawasan tersebut.Pariwisata Kayong Utara Pariwisata Kayong Utara1

Sumber kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: