Wisata Kota Kalimantan Selatan

Marabahan – Barito Kuala – Kalimantan Selatan
Kota kecil yang merupakan ibukota Kabupaten Barito Kuala, Kalsel.Perjalanan sekitar 1,5 jam dari Banjarmasin melalui jalur darat.

Belakangan Marabahan makin santer terdengar, karena sebuah jembatan megah bernama Jembatan Rumpiang berdiri tidak jauh dari kotanya serta ditemukannya lahan gas metana terbesar kedua di Indonesia di Desa Barambai.

dari hotel ini adalah pemandangannya yang langsung menghadap Sungai Barito.Karena lokasinya tepat ditepian sungai.

View from the hotel

Karena Marabahan sangat kecil, cukup berjalan kaki aja untuk berkeliling kota. Ada beberapa lokasi seperti taman siring .D isana saya bisa menikmati pemandangan Sungai Barito yang sibuk dengan aktivitas lalu lalang perahu & klotok.

Transportasi sungai

Malam hari ada beberapa penjual makanan di sekitar taman siring itu. Bahkan ada beberapa warga kota yang sedang asik memancing ikan.sebuah pelabuhan yang disana bisa ditemui bis air menuju Buntok Kalteng. Bagi yang pengen berpetualang susur sungai, kayaknya bis air ini cocok juga. Waktu tempuh sekitar 2 hari 2 malam melewati Sungai Barito.B iaya sekitar Rp. 50 ribuan.

Menjelajah pasar induk .Tak jauh beda dari pasar pada umumnya.Rame dan bersahaja. mencicipi sarapan pagi di sekitar pasar itu.

Berkunjung ke Masjid Agung Al Anwar di Jalan Panglima Wangkang. Sebuah masjid yang kayaknya paling besar di Marabahan. Halaman masjid tepat menghadap Sungai Barito.

Masjid Agung Al Anwar

Kotabaru – Kalimantan Selatan

Kunjungan ke Kotabaru memang sangat mengesankan. Kota ini berada di sebuah pulau kecil diantara pulau-palau lainnya di selatan Kalimantan.Kotabaru adalah sebuah kabupaten yang ibukotanya juga bernama Kotabaru.Banyak lokasi menarik yang layak dikunjungi kayak Taman Bawah Laut Teluk Tamiyang, pantai-pantai di desa Lontar, Pulau Kerayaan, Pantai Gendambaan, Gunung Bamega, Pantai Tanjung Ketapang, kampung nelayan Sarang Tiung,  kota Kotabaru nya itu sendiri dan masih banyak lagi.

Dari pelabuhan ferry Batulicin, menyeberang dulu ke pelabuhan Tanjung Serdang pake ferry sekitar 20 menitan. Dari ferry ini akan ditemui beberapa pulau & pegunungan kecil diatas permukaan laut.
Di Tanjung Serdang menuju Kotabaru , kembali harus menyusuri jalan yg meliuk-liuk. Sesaat setelah tiba di Kotabaru, sebainya mencari makan di pusat kota yang menghadap langsung lautan selanjutnya  berkeliling kota dengan berjalan kaki . Banyak keunikan yang ada disekitar kota. Seperti klenteng yang berada di atas bukit, gedung Islamic Center yang unik dengan kubahnya, cafe-cafe tenda dipinggir laut

The downtown of Kotabaru

Islamic Center dengan latar pegunungan Bamega

Soal pedestrian alias area pejalan kaki, Kotabaru emang sangat oke.Dari sekian banyak kota di Kalsel, kayaknya kota ini lah yg paling banyak punya pedestrian yang masih bagus & bersahabat bagi pejalan kaki. Sebagian besar area pejalan kaki diberi motif yang cukup cantik dari susunan batu laut.

Salah satu area pejalan kaki nya

Kata banyak orang, ke Kotabaru gak lengkap kalo gak ke Siring Laut. Tempat ini merupakan public space atau semacam alun-alun. Tapi ini lagi-lagi menghadap lautan luas. Disini kalo sore apalagi malam hari sangat rame ama warga maupun wisatawan.

Siring Kotabaru

Pelabuhan laut Kotabaru ternyata gak jauh dari Siring Kotabaru itu. Di pelabuhan ini banyak terdapat speed boat yang bisa dipake untuk menuju Batulcin selain ferry.Tarifnya cuma 50 ribu perak.Atau bagi mereka yang mau diving di Taman Bawah Laut Teluk Tamiyang di Pulau Laut, juga bisa nyarter speed boat ini.

Dipelabuhan ini juga terdapat Restoran Terapung diatas air laut.Hmmm…pemandangan dari sini sangat cantik. Gedung-gedung berpadu dengan hamparan Gunung Bamega dibelakangnya.

Kotabaru dari laut

Sebuah bangunan bercat sangat rame.Namanya Limbur Raya.Sebuah komplek pertokoan yang kayaknya paling besar disini.

Limbur Raya

Masjid Raya Kotabaru.Masjid ini cukup besar.Tidak jauh dari Limbur Raya.Interior masjid didominasi oleh bangunan kayu khas Kalimantan.

Masjid Raya Kotabaru

Tepat diseberang masjid terdapat sebuah bangunan lumayan besar. Ternyata bangunan Grand Surya Hotel.Sebuah hotel paling mewah di Kotabaru.Ada ballroom, kamar dengan berbagai tipe, cafe, dll.

Hotel Grand Surya di Jalan Suryagandamana.

 


Foto diatas adalah jembatan gantung yang menghubungkan dua desa di Lok Baintan – kabupaten Banjar – Kaimantan Selatan.


Museum Lambung Mangkurat – Banjar Baru Kalimantan Selatan


Pendulangan Intan


Musholla Ar Raudah, Sekumpul Martapura – Kab Banjar – Kalimantan Selatan

Tugu Martapura yang ada di halaman CBS

 Masjid Agung Al Karomah Martapura.

Masjid yang cantik itu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: