Wisata Kota Kalimantan Timur

Tenggarong – Kutai Kartanegara – Kalimantan Timur

Tenggarong. Sebuah ibukota kabupaten terkaya di negeri ini. Konon PAD yang berhasil dikeruk Kutai Kartanegara mencapai trilyunan rupiah. Sebuah kekayaan yang sangat kontras dengan PAD beberapa kabupaten di Pulau Jawa yang hanya puluhan milyar.

Atraksi paling popular di Tenggarong adalah memandangi megah nya Jembatan Kartanegara yang membentang di atas Sungai Mahakam di malam hari. Tak seperti kebanyakan jembatan megah di berbagai kota lain di Indonesia, jembataan kebanggaan warga Tenggarong ini dihiasi begitu banyak lampu. Tak heran jika seluruh bentuk jembatan, sangat terlihat jelas di malam hari. Karena ribuan lampu dengan sorot terang terpasang kokoh di setiap lekuk jembatan. Sehingga bangunan jembatan benar-benar sangat cantik dan semarak di malam hari. Bias lampu nya pun memantul indah di atas permukaan air Sungai Mahakam di bawahnya.

Desain jembatan sekilas mirip Jembatan Barito di Banjarmasin. Bahkan banyak yang bilang mirip Jembatan Golden Gate di Amrik. Tiang pancang nya sangat kokoh, dengan warna kuning membungkus baja-baja kuat tersebut. Menancap kokoh hingga dasar Sungai Mahakam, salah satu sungai raksasa di Asia Tenggara. Sungai yang menjadi kebanggaan para backpacker asing maupun lokal untuk menjelajah menggunakan kapal sungai hingga ke hulu nya. Karena katanya banyak objek unik yang ada di hulu Sungai Mahakam, seperti perkampungan Dayak Kenyah, Danau Jempang, Danau Semayang, hingga jeram-jeram menantang. Bahkan jika beruntung, sekumpulan ikan pesut bisa ditemui di beberapa titik di sekitar sungai. Ikan yang sangat langka, yang menjadi ciri khas Sungai Mahakam.

Museum Mulawarman, makam-makam raja Kutai, kedaton hingga sebuah masjid tua. Lokasi nya berdekatan. Selain tempat-tempat bersejarah tersebut, saya juga mengunjungi tepian Sungai Mahakam di sekitar Jembatan Kartanegara untuk sekedar makan malam. Menu yang saya pilih adalah lalapan nila goreng. Sambil menyantap lalapan, saya juga bisa menyaksikan kemegahan jembataan kebanggaan warga Kutai tersebut.

Rute :
Kota utama untuk memasuki Kaltim adalah Balikpapan. Bandara Internasional Sepinggan banyak melayani rute pesawat dari berbagai kota termasuk Jakarta. Dari Balikpapan anda bisa menggunakan bis umum menuju Samarinda sekitar 2,5 jam dengan tarif Rp 20 ribu saja. Dari Samarinda menuju Tenggarong hanya memakan waktu sekitar 30 menit. Sewa ojek ataupun menumpang angkutan umum adalah pilihan yang tepat. Banyak pilihan objek wisata lain di Tenggarong, diantaranya adalah Pulau Kumala, planetarium, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: